Hikmah dari Cerita motivasi Tukang kayu dan kapaknya

Hikmah dari Cerita motivasi Tukang kayu dan kapaknya

cerita motivasi yang sangat menginspirasi, tentang para Tukang kayu penebang pohon dan kapaknya. Di cerita motivasi ini, kita dapat mengambil hikmah, pelajaran dan inspirasi tentang makna kerja keras serta pentingnya kerja team.

Silahkan baca sampai akhir..

Alkisah, pada pertengahan tahun 1852, Ada sebuah perusahaan penebangan kayu yang sedang mencari karyawan untuk di pekerjakan menjadi penebang kayu di hutan milik perusahaan tersebut. Mandor Perusahaan itu menyeleksi beberapa orang calon pekerja yang melamar.

Dan terpilihlah 10 orang pemuda yang sehat dan kuat menjadi penebang kayu di perusahaan tersebut. Karena waktu itu belum ada gergaji mesin, apalagi mesin gergaji raksasa dan bulldozer seperti sekarang ini, 10 orang tersebut menebang pohon secara manual dengan menggunakan KAPAK.

Hari pertama, Seorang Pemuda yang kuat dan cerdas, sebut saja namanya Bunga… eh, Rambo… (bukan nama sebenarnya) memiliki prestasi yang lebih di banding teman-temannya.

Kalau yang lain rata-rata per orang hanya bisa menebang 6 pohon sehari, Pemuda itu mampu menebang 10 pohon sehari, seorang diri..!!

Luarr biassaaa…

Ke-esokan harinya, ketika briefing pagi (ceritanya..) Si Rambo mendapat pujian yang fantastis dari Mandor perusahaan tersebut, dan yang lain di minta mencontoh Si Rambo. Sehingga dalam hati Si Rambo, timbul sedikit rasa bangga dan Sombong.

Ketika teman-temannya minta di ajari cara menebang pohon dengan cepat dan hasil banyak, Rambo tidak mau mengajari, dan memilih untuk bekerja sendiri, menjauh dari teman-temannya.

Anehnya, hari itu Rambo hanya bisa menebang 9 pohon. Sementara teman-temannya yang lain, rata-rata menebang 6 pohon di hari ke dua itu. Selanjutnya di hari ke tiga, dia hanya menebang 8 pohon, sementara teman-teman yang lain tetap menebang rata-rata 6 pohon per orang.

Hari ke hari, prestasi menebang pohon Rambo kian menurun…

Sementara teman-teman yang lain rata-rata tetap bisa menebang 6 pohon, bahkan ada beberapa yang bisa menebang 7 dan 8 pohon.

Singkat cerita, seminggu sejak 10 orang pemuda itu bekerja di penebangan kayu, tercatat perolehan Rambo hari itu Cuma bisa menebang 4 pohon. Sementara teman-teman yang lain tetap rata-rata menebang 6 pohon, bahkan ada yang bisa menebang 7 dan 8 pohon.

Akhirnya di akhir minggu itu, Sang Mandor mengumpulkan 10 pemuda tersebut dan diadakan rapat evaluasi mingguan (lagi-lagi ceritanya…). Dan kali ini, gantian Rambo yang di minta belajar dan mencontoh teman-teman yang lain.

Dari hasil rapat evaluasi mingguan Para penebang Kayu itu terungkap dua point penting, Yaitu:

  1. Rambo lupa mengasah kapaknya.

Rambo menjadi sombong dengan prestasi pertamanya sehingga dia merasa sangat percaya diri, bahkan enggan mengajari teman-temannya yang lain.

Saking Pede-nya, ia lupa untuk mengasah kapaknya, dan yakin bahwa prestasinya itu adalah murni dari kemampuan dia sendiri.  Rambo lupa bahwa kapak itu adalah alat bantu dalam ia bekerja dan lupa merawat serta mengasahnya.

  1. Sembilan orang temannya itu bekerja dalam satu team.

Pada hari kedua, ketika Rambo memutuskan untuk bekerja sendiri, 9 orang temannya tersebut bersatu dan membentuk sebuah teamwork. Mereka saling mengingatkan satu sama lain untuk mengasah kapak.

Dan berdasarkan kesepakatan bersama, patokan target penebangan pohon 1 hari adalah 6 pohon. Apabila ada yang sudah mencapai 6 pohon sehari, di minta untuk membantu yang kurang dulu, baru menambah hasil penebangan dia sendiri.

Pada malam hari, mereka sering berkumpul dan berdiskusi membahas bagaimana cara menebang pohon dengan lebih cepat dan lebih banyak.

Sehingga satu sama lain saling belajar dan berbagi pengalaman..

Memang, kisah ini hanya cerita motivasi, namun bisakah kita mengambil pelajaran penting dari cerita tersebut di atas..? Ya, KITA..!

download-ebook-gratis-global-marketing

Cerita ini Saya masukkan ke dalam ebook ” Strategy Sukses GLOBAL Marketing” sebagai bagian dari penjelasan dari isi materi ebook tersebut.  E-book setebal 35 Halaman ini GRATIS bagi Anda Reseller Premium di iklanin.net.

Silahkan download di Member Area.

Hikmah dan inspirasi dari cerita di atas adalah…

Kelanjutan artikel ini hanya bisa dibaca oleh Member, silahkan login disini dulu atau Registrasi di sini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *