7 Jenis Website yang perlu Anda ketahui

Kali ini Saya akan share tentang jenis-jenis website.
Secara umum ada 7 sistem website yang biasa digunakan oleh mereka yang ingin menghasilkan uang dari internet, yaitu:

1. Website Blog Artikel

Blog adalah sebuah website yang berbentuk seperti jurnal atau diary online. Blog ini berisi tentang tulisan, artikel, ide, atau pemikiran dari pemilik blog.

Selain berupa tulisan, tak jarang blog juga diisi dengan berbagai konten website lainnya seperti video, audio, atau gambar.

Dalam perkembangannya, blog bisa juga berfungsi menjadi situs berita, artikel promosi produk, dan lain sebagainya.

2. Website Company Profile

Awalnya, Website jenis ini hanya digunakan oleh perusahaan besar kelas corporate dan hanya berisi tentang profil perusahaan saja. Namun seiring perkembangan teknologi informasi, website jenis ini menambahkan berbagai fitur dari sisi konten dan layanan.

Bahkan ada juga Website Perusahaan yang menggabungkannya dengan sistem website bisnis lainnya, misalnya dengan sistem membership atau forum komunitas.

Dan sekarang banyak juga perusahaan skala UKM yang menggunakan website jenis ini untuk mensosialisasikan perusahaannya.

3. Website Membership

Website membership adalah website dengan sistem keanggotaan. Siapapun yang ingin menggunakan fasilitas yang ada di dalam website harus mendaftar terlebih dulu.

Biasanya Website Membership menawarkan suatu bentuk Kerjasama yang saling menguntungkan atau hanya sekedar tutorial dengan nicheHow to” alias “Bagaimana cara”.

Website iklanin.net ini juga termasuk dalam website membership.

4. Website Toko Online

Website Online shop atau Web Toko Online adalah jenis website yang bertujuan untuk mempermudah transaksi jual beli yang dilakukan secara online. Produk yang diperjual belikan biasanya berupa produk digital ataupun produk fisik. Tapi kebanyakan, komoditasnya adalah produk fisik.

Website toko online berisi katalog produk beserta daftar harganya, informasi singkat produk, tombol beli (call to action), dan fasilitas Keranjang belanja (cart). contoh: KLIK DISINI

5. Minisite / Sales letter / Landing Page / squeeze page

Walaupun namanya berbeda-beda, namun fungsinya boleh dibilang hampir sama. Yaitu untuk penjualan produk, dengan menggunakan satu atau dua halaman khusus yang berisi penawaran secara langsung, disertai dengan tombol call to action ataupun form opt-in. Contoh : LIHAT HALAMAN INI

6. Website iklan baris

Website ini digunakan untuk menampilkan informasi produk / jasa kepada pengunjung. Sekaligus sebagai fasilitas promosi kepada pebisnis / penjual produk / pengiklan.

Website iklan baris ada yang tanpa harus mendaftar, langsung iklanin pokoknya. Namun ada juga yang menerapkan aturan wajib registrasi bagi para pengiklan. Di website jenis ini, ada fasilitas iklan gratis, ada pula iklan yang berbayar.

Penerapan iklan berbayar ada banyak macam, bisa via banner GIF, slide banner, link berbayar, artikel tertentu, atau ada yang menjual poin khusus.

7. Website forum

Website forum biasanya digunakan untuk ajang diskusi antar anggota untuk saling bertukar informasi dan pengalaman mereka. Biasanya pembahasan mengenai minat tertentu (niche) , contohnya: Kaskus, ads.id, dll.

Member lain dapat memberikan komentar dari setiap thread yang ditulis. Kadang, malah bisa dipakai untuk ajang bercanda dan bersosialisasi. Hampir mirip dengan sosial media, hanya lebih spesifik berdasarkan minat, hobi dan profesi.

Naah, itulah 7 jenis website yang bisa teman-teman pakai untuk berbisnis online. Lebih suka yang mana..?

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.