Cara Menghapus kode 404 Error Page Not Found

Domain iklanin.net ini pernah mengalami tidak bisa di akses, dengan kode : 404 Error Page Not Found. Tentu saja ini sangat menjengkelkan. Bagaimana mau update dan setting kalau tidak bisa login ke website? Tampilan webnya jadi seperti ini…

Ketika Saya tanyakan ke pihak hosting, katanya masalahnya ada di browser. Saran dari pihak hosting, suruh clear browsing data dan cache. Tapi ternyata itu tidak menolong, error 404 tetap terjadi.

Setelah browsing kesana kemari, akhirnya ketemulah beberapa cara menghilangkan error 404 itu. Ternyata masalahnya ada di Crawl Google Webmaster Tools yang error. Dan itu jumlahnya banyak, karena domain iklanin.net ini sudah 3 kali ini gonta ganti konsep dan template.

FYI, dulu pertama kali web ini launching,  iklanin.net adalah website iklan baris gratis. Kalo Anda ngikutin domain ini dari awal, Anda pasti tahu. Lalu kemudian berubah  menjadi Website toko online.

Sekarang dan kedepannya, iklanin.net akan Saya pakai sebagai Web Membership dan sekaligus Blog Tutorial.

Ternyata cara menghapus error kode 404 sangat mudah, hanya apabila di web kita banyak sekali page not found 404, kita harus melakukannya dengan sabar  dan perlu waktu ekstra untuk mengerjakannya.

Kita bisa langsung menggunakan google webmaster tools untuk menghilangkan crawl error kode 404 secara permanen. Mungkin ada cara yang lebih praktis, Saya sendiri kurang paham. Namun dengan cara yang manual akan lebih efektif, tidak akan terjadi lagi error kode  404 alias URL halaman tidak di temukan.

Untuk mencegah error 404 lebih banyak lagi, kita harus lebih sering sering memeriksa halaman google webmaster tools, sekaligus memantau kesehatan blog atau website kita. Naah, itu yang luput Saya lakukan ketika mengganti konsep website. Akhirnya numpuk deh, Crawl error di domain ini.

Terhitung ada 561 crawl error…! Aampuun deh…

Butuh waktu 3 hari untuk mengatasi hal ini.

Kendati sebenarnya hal ini tidak terlalu mempengaruhi rangking pencarian di google, tetapi hal ini harus segera diperbaiki, karena akan berdampak kepada backlink atau proses backlink yang lama pada halaman yang sudah ter-index oleh google.

Penyebab Crawl  error 404 / halaman tidak di temukan pada blog adalah terdapat link yang mengarah pada halaman, artikel, atau media yang terhapus, atau link yang rusak (broken link). Hal tersebut bisa di akibatkan karena halaman atau artikel blog, atau link tersebut memang sudah kadaluarsa.

Dalam kasus domain iklanin.net ini, karena dulu banyak sekali postingan artikel iklan produk dari pengguna, lengkap dengan kategori dan tag yang di pakai produk tersebut.

Bisa juga terjadi karena ada sebuah link yang di letakkan oleh seorang komentar pada sebuah blog, dan link eksternal tersebut sudah mati atau rusak, sehingga menyebabkan terjadi crawl error.

Sudahkah Anda menghapus crawl error di web Anda sendiri ?

Terutama bagi Anda yang mempunyai website iklan baris, atau website yang melibatkan banyak pengguna di dalamnya, seperti web Membership dan tutorial. Jika Anda juga mengalaminya juga, Bisa di coba langkah-langkah ini.

Jika Crawl Error nya sedikit, dibawah 10 URL sih kayaknya masih bisa di copy satu persatu secara manual. Namun jika lebih dari 10, maka akan lebih praktis jika di download dan copy dulu URLnya dalam notepad

Cara Menghapus Kode 404 Di Google Webmaster Tools :

  1. Silahkan Login ke google webmaster tools Anda
  2. Pilih domain web yang akan Anda perbaiki
  3. Klik halaman menu di sebelah kiri : Crawl >> Crawl Errors
  4.  Checklist (centang) pada samping priority, maka otomatis tercentang semua URL yang Crawl Error.

  1.  Kemudian klik download, dalam hal ini Saya pilih format google docs.

 

  1. Maka akan terlihat lembar tabel Google docs seperti ini.

  1. Kemudian buka notepad copy semua link tersebut.
  2. Buka menu halaman google index >> Remove URLs >> Temporarily hide

  1. Masukkan URL link yang sudah anda copy pada notepad tadi,

  1. Lalu klik “submit request“,

  1. Lakukan satu persatu pada link hasil copy pada notepad hingga selesai.
  2. Jika sudah selesai semua, kembali pada menu halaman Craw >> Crawl Error, lalu cheklist (centang) semua URL crawl error dan Klik tombol Mark as fixed.

Pada tahap ini Crawl error 404 akan di proses, dan sudah teratasi. Biasanya memakan waktu 1 sampai 3 hari yang dibutuhkan bot google webmaster untuk menghapus broken link yang Anda request.  Tergantung banyak atau tidaknya crawl error di blog / situs Anda.

Semoga bermanfaat…

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *