Apa itu Promosi ATL, BTL dan TTL ?

Tahukah Anda…?

Dalam advertising dan pemasaran, dikenal istilah promosi ATL, BTL dan TTL. Apa itu Promosi ATL, BTL dan TTL ? Simak penjelasannya dalam artikel tentang itu..

1. Promosi ATL ( Above The Line )

Adalah bentuk teknik promosi dengan strategi “MENARIK PERHATIAN” konsumen melalui iklan yang menarik dan memancing rasa penasaran orang untuk membeli / mencoba produk. Tidak ada interaksi langsung dengan audiens, fungsinya tidak lain adalah untuk menjelaskan sebuah produk, konsep ataupun ide ataupun untuk menanamkan branding image yang kuat di benak audiens.

Ada yang tahu iklan apa ini ? Yup, itulah branding yang “menancap” di benak audiens.

Media yang di gunakan adalah :

  • Media cetak ( koran, majalah, brosur, katalog ) ,
  • Media elektronik ( TV, Radio, dll )
  • Billboard dan media reklame lainnya
  • Media Online / internet ( Website, blog, sosmed )

2. Promosi BTL ( Below The Line )

Adalah bentuk promosi dengan strategy “MENDORONG” calon konsumen untuk membeli dan mencoba produk / jasa yang di tawarkan, dengan kegiatan – kegiatan yang diselenggarakan dengan melibatkan dan mempertemukan secara langsung antara Perusahaan / penjual dengan masyarakat / pembeli.

Fokus pada eventnya ya.. Bukan pada…

Media atau kegiatannya memberikan audiens kesempatan untuk merasakan, menyentuh atau berinteraksi, bahkan langsung action untuk membeli produk.

Media promosi yang digunakan: Pameran, Event, Seminar, Kuis / sayembara, sampling product, Panggung hiburan, Sponsorship, Point Of Sale (POS), dll.

3. Promosi TTL ( Through The Line )

Dengan munculnya media-media promosi baru, terutama yang berbasis Teknologi Informasi, perbedaan antara ATL dengan BTL semakin samar. Internet, karena fiturnya yang sangat banyak dan komplit ( Rich multimedia ), yang dapat mencakup target audiens yang sangat luas, spesifik dan mempunyai fasilitas interaksi secara langsung. Hal ini di sebut juga dengan istilah “Integrated Marketing Communication” (IMC)

Hal inilah yang menjadikan timbulnya istilah baru, yaitu Through the Line (TTL).

Jika kita perhatikan tren sekarang, banyak kegiatan promosi yang menerapkan Marketing Mix dengan konsep Through The Line (TTL). Ada Promosi Above The Line yang mengandung unsur Below The Line. Atau sebaliknya, Promosi Below The Line yang mengandung unsur Above The Line.

Contoh kegiatan Offline (BTL) yang di sosialisasikan via online (ATL)

Contoh Promosi Through The Line (TTL) :

  • Pameran produk dengan pembagian brosur dan katalog yang menyertakan alamat Website Toko Online. Seperti yang Saya lakukan di ilmutafsir.com
  • Aktifitas BTL yang di unggah ke Website dan sosmed.
  • Iklan sebuah brand di majalah yang sekaligus ditempeli sample produk.
  • Event di outlet tertentu yang disebar luaskan lewat iklan radio dan sosmed.

Ada banyak cara iklanin produk / jasa.

Online perlu, Offline juga penting..

Pertanyaanya, Anda sudah melakukan yang mana… ?

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *